Minggu, 08 Februari 2015

CERITA PEMALANG : Enam Tempat Indah di Selatan Pemalang

Kawasan selatan yang berjarak puluhan kilometer dari kota Pemalang (Jawa Tengah) merupakan kawasan perbukitan dan pegunungan. Keindahan yang masih tersimpan sebagian besar adalah air terjun atau warga setempat menyebutnya dengan nama curug. Namun, sayangnya medan menuju objek tujuan masih sulit dilalui dengan kendaraan mengingat daerah pegunungan memilki topografi yang tidak rata ( naik - turun ). Inilah tempat yang patut umtuk anda kunjungi di Pemalang :

1. Curug sibedil
Curug sibedil
adalah curug yang berada di kecamatan Moga kabupaten Pemalang jawa tengah. Untuk mencapai curug sibedil sangat mudah. Hanya beberapa meter dari jalan . Ingat jalan untuk menuju curug belum ada jadi harus melewati sungai. Panorama yang di berikan curug sibedil sungguh luar biasa . Curug yang tingginya hanya 10 meter ini mempunyai pemandangan yang sangat indah di tambah suasana sejuk di sekitar curug. daya tarik curug sibedil adalah banyaknya air terjun di sekitar curug bahkan sekeliling curug penuh dengan pancuran air yang kecil kecil yang menjadikan curug ini enak di pandang .air yang lumayan bersih membuat siapapun yang datang tidak sabar untuk berenang. Tapi anda harus ingat curug ini bukan tempat wisata jadi keasliannya masih terjaga dengan baik.

2. Curug Cipendok

Curug cipendok adalah curug yang berada di kawasan Ajibarang Purwokerto Jawa tengah. Untuk mencapai kawasan ini kita harus berjalan kurang lebih 15 menit dari pintu masuk. Panorama yang di berikan curug cipendok sangat indah karena di sekeliling curug penuh perbukitan yang sangat tinggi. Curug yang tingginya hampir 100 meter ini membuat siapa yang melihat sangat takjub. Namun curug ini sangat terjal sehingga sangat berbahaya jika menaikinya. 

3. Curug Bengkawah
  
Curug Bengkawah adalah sebuah tempat yang patut anda kunjungi sebagai referensi pariwisata anda. Terletak di desa sikasur kecamatan Belik kabupaten Pemalang. Curug bengkawah cukup mudah diakses dari terminal Randudongkal anda cukup naik ojek. Atau jika anda memakai kendaraan pribadi anda bisa langsung menuju tempatnya yaitu di desa sikasur. Namun sayang pemerintah kabupaten pemalang kurang serius menggarap curug ini sebagai tempat pariwisata,sehingga sarana pendukung lain kurang memadai, tapi bukan berarti aura keindahan curug ini hilang begitu saja. Curug ini mempunyai 2 buah air terjun yang saling berjejeran dengan air yang begitu putih mempesona.
4. Gunung Gajah
Gunung Gajah adalah sebuah gunung yang terletak di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Gajah kurang lebih berjarak 35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter dari permukaan laut, dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip sosok seekor gajah.
5. Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wangi adalah Wisata alam dengan pemandangan alam dan gugusan lima goa yang memiliki luas 0,5 Ha di di Kecamatan Bantar Bolang. Gugusan goa terdiri dari Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung, Goa Gunung dan Goa Siluman. Goa Gunung merupakan goa yang terbesar dan terpanjang. Lokasi 35 Km kearah barat daya kecamatan Pemalang.
6. Curug Barong


Curug Barong adalah wisata alam dan air terjun dengan ketinggian 25 meter dan terletak di desa Gunung Jaya, Kecamatan Belik. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dan lingkungan alam yang sejuk. Lokasi 51 Km ke arah tenggara Kecamatan Pemalang.

 dari Berbagi dalam inspirasi & berbagai sumber
 

0 komentar: