Senin, 09 Maret 2015

CERITA PEMALANG : Pemalang , Apa dan Dimana?

Sekapur sirih,
Lama gak update tentang pemalang.

Penulis
Bagi kalian yang gak tau dimana itu pemalang. biar saya kasih tahu,
Pemalang adalah sebuah "kota" kabupaten yang berbatasan dengan kabupaten Tegal di sisi barat dan Kota Pekalongan di sebelah timur.
di utara kota pemalang dilintasi oleh jalan deandles yang dibuat pada zaman pendudukan belanda (itu sepengetahuan penulis ketika masih SD).

Disini jalan deandles dan jalan pantura beda yah.. jalan pantura itu jalan yang dibangun sepanjang pantai utara jawa, dan benar pemalang juga dilintasi jalur pantura, tapi jalur tersebut tidak melintasi pusat kota pemalang. Mungkin itulah sebabnya banyak orang yang agak kurang familiar dengan nama Pemalang.
Lagi pula pembangunan di Kota pemalang cenderung lambat dan stagnan kenapa?
sampai detik ini kurangnya investestor yang melirik pemalang sebagai tempat untuk berinvestasi, wow.. padahal, pemalang kaya akan sumberdaya yang melimpah.. pemalang di kelilingi lautan yang melimpah dengan ikannya di laut utara jawa dan di pagari dengan pegunungan di sebelah selatan..
Tapi kenapa? sangat sedikit sekali investor yang mau menanamkan modalnya di pemalang?
apa karena birokrasi??
Bisa jadi.. bisa jadi...
Mungkin pemerintah kurang berkontribusi mendatangkan investor, mereka para investor lebih cenderung memilih daerah sebelah (Tegal,Pekalongan. Red.) .
Masih ribetnya pengurusan izin, infrastruktur yang masih minim mungkin menjadi faktor "kurang" menariknya pemalang di mata investor.

Gak ada yang istimewa apabila anda menanyakan perihal pemalang, tapi dibalik itu semua pemalang dikenal sebagai kota yang "paling" aman, setidaknya sampai saat ini.
Sepengetahuan saya tingkat kriminalitas di kota pemalang cenderung dibawah 10%. apa pasal?
setidaknya selama saya tinggal di pemalang jarang terdengar berita kriminalitas yang mengkhawatirkan. Mungkin karena slogan kota pemalang yang "IKHLAS" jadi seenggaknya pemalang mendidik masyarakat untuk bersama-sama membangun pemalang... lah apa kaitannya?


Ketika anda melintas di kota pemalang, cobalah sejenak untuk meluangkan waktu mengunjungi pantai widuri yang (menurut penulis) sudah sangat terkenal sekali, bahkan pernah diabadikan dalam sebuah lagu dan dinyanyikan oleh om Bob tutopoli,( benar ya?). Sembari menikmati sunset di sore hari diiringi dengan deburan ombak Widuri.
jangan lupa juga mencoba Kue Kamir kue yang sangat mirip dengan kue dorayaki-nya Doraemon.. itu juga kue khas pemalang tapi ketika Saya ke jakarta agak miris ketika ada penjual yang melabel-i kamir khas tegal. Padahal di Tegal sangat jarang penjual Kamir itu sendiri.

-Dini hari dikala Sepi-

0 komentar: