Senin, 09 Maret 2015

Pengamen

Siapa di disini yang belum pernah ketemu ama yang namanya pengamen?  
Sebagian besar pernah lah ya. Entah ketemu di jalanan. Atau di dalam kendaraan umum. Atau pengamen rumahan juga ada kan? Hehe 

Gue mau cerita tetang benerapa pengamen(versi gue) yang udah pernah gue temui selama ini. 
Pertama 

 

.Pengamen malu-malu kucing 


Jadi inget lagunya romaria. Malu sama kucing. Meong meong meong. Lah. .  
Ok, Ini pengamen mungkin masih newbe kali yah. Dilihat dari penampilannya biasa aja(lah loe mau ngejuri, haha). Pas nyanyi di kayak ogah-ogahan gitu. Mau enggak mau enggak. Suaranya pun kayak orang nyanyi dalam kamar mandi. Gak jelas. Haha 
Alat penunjang (gitar dkk) pun gak di explore secara maksimal. Biasanya pengamen jenis ini beroperasi sendirian jadi ya pantas lah masih malu-malu. belum pernah denger lagunya romaria. 

 

.Pengamen di bawah umur 


Nah ini miris banget nih. Kebanyakan anak usia sekolah dasar yang ada dalam kelompok ini. Bahkan pernah gue lihat anak usia taman kanak-kanak(TK)Kebanyakan beroperasi di angkot kecil (model carry dan sejenisnya) tapi pernah juga gue temuin dalam bis gede (mayasari dkk) mungkin karena mereka di paksa atau emang udah naluri (ampun masa pengamen naluri) maka mereka nekat untuk mengamen.  

Kebanyakan mereka nyanyi lagu gak jelas tapi dengan suara keras. Sebagian nyanyi lagu cinta-cintaan. Sebagian nyanyi lagu yang populer di kalangan pengamen(emang ada? Ada!)  

Gue sempet berfikir kemana orang tua mereka. Apa tidak melarang mereka ngamen di jalanan. Apa kegiatan mereka ini sudah di restuin ama ortu mereka. Aduh pusing kalau mikirin. Padahal pendidikan itu banget sayang kalau mereka melewatkan masa sekolah. 

 

.Pengamen urakan  


Namanya pengamen ya kebanyakan urakan lah. Lah yang ini beda. Urakan mereka dari penampilan acak-acak nyanyi bentak-bentak. Malahan sebagian nyanyi gak pake nada cuma teriak-teriak kata-kata yang awful. 

Gue gak suka nih jenis pengamen yang satu ini. Mana ada orang mau ngasih. Lah penampilan dan cara ngomong aja udah kasar (termasuk pengamen yang berlagak anak punk padahal masih diragukan mereka anak punk atau bukan) 

Sebagian besar beropersi dengan bergerombol antara 2-4 orang, jarang terlihat mereka sendirian ngamen. Menurut gue ini sih buat melancarkan operasi mereka buat mengais receh biar kelihatan punya komunitas gitu. Jadinya kita takut karena meraka banyak. 
Kebanyakan mereka  kadang kalau gak dikasih receh mereka maksain minta dengan tatapan mata melotot dan garang. Haha 

Pernah beberapa kali gue temuin pengamen jenis ini pernah juga mereka maksa. Suatu ketika gue gak ngasih tapi mereka maksa. Gue lawan aja. Eh merekanya malah gak berani. 

Menurut gue jauhin deh yang namanya pengamen ini. 
Kalau pas kalian ada di bis umum dan posisi duduk kalian susah dan gak leluasa buat gerak mending kalian jangan coba buat ngelawan mereka kasih aja 500 perak. Kalau gak mau dan masih maksa minta lebih baru loe kasarin. Jangan mau kalau kalian duku yang di kasarin. Basicnya mereka cuma berani kalau rame-rame. Nah pas minta receh kan paling satu doang tuh jadi hajar aja kalau macem-macem. Entah dengan loe bentak balik atau loe pegang dan pelintir tanggannnya. Haha 

.Pengamen Necis 


Wih kalau yang satu ini. Patut buat kita perhitungkan buat ngasih receh. Kebanyakan mereka berpakaian sopan dengan gitar yang di sandangnya. Suara mereka banyak yang merdu dan layak untuk di dengar. Mostly mereka menyanyikan lagu yang lagi hits di chart lagu terbaru. Eh tapi-tapi sebagian juga nyanyi lagu lama tapi dengan gaya dan karakter suara mereka. Pengamen jenis ini mungkin basicnya musisi kali yah. Karena ga ada tempat buat menyalurkan atau bahkan cuma itu keahlian mereka untuk mendapatkan penhhasilan. Siap tau.

0 komentar: