Rabu, 09 November 2011

5 Jenis Bunga Langka yang Mengagumkan

Banyak kekayaan hayati yang indah nan cantik dan memiliki manfaat tertentu musnah begitu saja hanya karena kesombongan manusia. Seperti eksploitasi hutan, yang banyak menyebabkan tanaman-tanaman tertentu musnah secara tak sadar, terutama tanaman langka yang hidup namun tidak terlihat dan tersadari oleh manusia. Mungkin ia terinjak karena ukurannya yang kecil, mungkin tergilas oleh roda mesin karena berada di balik bebatuan dan banyak lagi. Berikut adalah 5 jenis tanaman langka yang mengagumkan:

1.Bunga Paruh Nuri (Lotus berthelotii)


Bunga yang cantik ini telah dinyatakan langka sejak tahun 1883, bahkan ada yang menyatakan bahwa bunga ini telah musnah dari habitat aslinya, namun ada beberapa yang dapat diselamatkan dan bertahan. Bunga Paruh Nuri ini merupakan tumbuhan endemik Kepulauan Canary dan dipercaya bahwa proses penyerbukannya dilakukan oleh burung Sunbird, yang secara bersamaan jarang ditemukan di Kepulauan Canary bersamaan dengan punahnya bungan Parrot. Beberapa percobaan dilakukan untuk kembali menumbuh kembangkan bunga Paruh Nuri, hingga pada tahun 2008 walaupun tidak menemukan penyerbuk yang tepat, namun bunga ini dapat dilihat dan dinikmati keindahannya.

2. Pohon Franklin (Franklinia alatamaha)



Pohon berikut ini merupakan bagian dari keluarga teh, namun dilihat dari genus dan spesiesnya merupakan tanaman yang telah dinyatakan langka. Pohon ini merupakan tumbuhan asli yang hanya terdapat di lembah Sungai Altamaha, Georgia, dan dinyatakan telah punah sejak abad 19. Namun pohon Franklin yang kita kenal saat ini merupakan hasil pengembangan dan perawatan keluarga Bratram, sebuah keluarga pencinta hortikulutura dan menyelamatkan pohon Franklin sebelum punah di habitat asalnya. Tumbuhan ini memiliki bunga yang beraroma dan daun yang berwarna merah cerah di saat musim gugur, sehingga bunganya banyak dijadikan ornamen di taman-taman. Semua pohon Franklin yang ada saat ini berasal dari perawatan dan pemeliharaan keluarga Bartram.

3. Bunga Campion (Silene tomentosa)



Tumbuhan Campion ini hanya ditemukan tebing tinggi, curam, yang ada di semenanjung Gibraltar, Spanyol, dan dinyatakan sebagai tanaman langka. Tumbuhan Campion dinyatakan punah oleh para ahli botani asing pada tahun 1980, namun mereka—ahli botani lokal, mengetahui tempat di mana Campion tersisa. Sangat disayangkan, pada tahun 1992 semua jejak keberadaan Campion hilang dan dinyatakan punah secara keseluruhan. Namun pada tahun 1994 satu spesimen Campion ditemukan oleh seorang pendaki terletak di sebuah tebing yang tidak mudah untuk dijamah. Semenjak itulah tanaman Campion dinyatakan masih ada, dan diperbanyak serta dikembangkan oleh bank bibit. Sekarang tanamah tersebut dapat dinikmati di Taman Botani Almeda Gibraltar.

4. Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldii)



Bunga yang indah ini kebanyakan ditemukan di daerah hutan hujan tropis Indonesia. Bunga ini merupakan tanaman yang dinyatakan langka, dilindungi, dan memiliki ukuran bunga yang besar, bahkan diameternya bisa mencapai lebih dari satu meter. Bunga Raflessia ini mampu bertahan dengan bergantung pada bagian tanaman yang disebut dengan Testagrima. Bunga ini tidak memiliki tubuh, batang, daun, akar parasit, dan membutuhkan tanaman lain untuk hidup. Tanaan ini disebut juga bunga bangkai, karena mengeluarkan bau yang tidak sedap, yang gunanya untuk menarik perhatian serangga seperti, lalat. Ketika bunganya mekar, maka hanya selama tujuh hari saja kita dapat menikmati sebelum akhirnya mati.

5. Bunga Giok (Strongylodon macrobotrys)


Tanaman rambat bernama Giok (Jade) ini merupakan tumbuhan langka yang hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Filipina. Merupakan anggota keluarga kacang-kacangan seperti buncis dan sejenisnya. Tanaman Giok ini memiliki bunga yang menggantung, dan ketinggian rambatannya mampu mencapai hingga tiga meter. Tanaman ini sangat sulit untuk dikembangkan, dan dinyatakan dilindungi karena habitatnya yang sudah demikian memperihatinkan akibat eksploitasi hutan. (**)

Sumber: listverse.com,

0 komentar: